05
Sep

Desain Atap Minimalis

Desain Atap Minimalis

Atap Minimalis – Setiap rumah yang bermodel apapun harus memiliki atap sebagai pelindungnya, Apa jadinya jika pada sebuah rumah, tidak memliki atap? Tentu bukan rumah namanya. Bagi anda yang ingin memiliki rumah berdesain minimalis maka anda juga harus mendesain atapnya sehingga memiliki struktur atap yang kuat dari segala macam perubahan cuaca. Walaupun anda memiliki rumah yang mewah, semuanya akan sia-sia jika anda tak memiliki atap rumah kokoh yang sesuai pada model rumah anda. Karena itu anda harus mengerti model atap apa saja yang sesuai untuk rumah anda.

 

Saw-tooth

Sebenarnya genteng berbentuk sawtooth adalah beberapa genteng skillion yang disusun secara paralel, sehingga bentuknya lebih rumit. Jenis ini memiliki repetisi bentuk yang menarik untuk diaplikasikan pada rumah kontemporer. Area dinding pada sisi genteng saw-tooth yang lebih tinggi juga bisa diganti bahannya. Misalnya dengan kaca jendela supaya ada ada pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah dari bagian genteng.

genteng saw-tooth

Pastikan air hujan jatuh dengan tepat saat memilih genteng berbentuk saw-tooth. Bila tidak diperhitungkan, air hujan bisa tergenang di sela-sela genteng. Pemasangan genteng sawtooth juga lebih rumit dan mahal bila dibandingkan dengan genteng skillion.

 

Skillion

Berbeda dengan genteng gable dan genteng hip, genteng skillion merupakan genteng yang hanya terdiri dari satu sisi yang miring. Genteng skillion cukup simpel dari segi bentuk dan pemasangannyadan cukup baik untuk menurunkan air hujan, meskipun genteng skillion hanya menurunkannya pada salah satu sisi.

genteng Skillion

Biaya pemasangan genteng skillion terjangkau, hanya saja jenis ini termasuk rentan terhadap angin dan badai. Oleh karena itu, genteng skillion biasa digunakan pada bangunan rumah yang relatif kecil atau pada bangunan tambahan. Genteng skillion juga masih bisa dipadukan dengan gaya arsitektur modern dan kontemporer.

 

Genteng Gable

Genteng berbentuk gable biasa juga disebut sebagai atap pelana. Bentuk ini sangat umum digunakan pada rumah hampir seluruh dunia karena bentuk yang simpel, mudah dikenali, efisien dan cukup fungsional, ideal untuk sebuah rumah karena bisa membuat hujan turun dengan baik tanpa menggenang di atas genteng.

genteng gable

Walaupun baik untuk cuaca buruk, genteng gable akan cukup membahayakan bila terkena angin badai. Genteng gable bisa langsung hancur jika tidak dipasang dengan struktur yang kuat.

 

Genteng Hip

genteng hip

Biasanya, genteng hip juga disebut dengan atap perisai. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan gable, namun genteng hip memiliki empat sisi sehingga genteng dipasang menyeluruh di atas rumah. Genteng hip juga sangat umum digunakan pada berbagai rumah, lho.

Bahkan, bentuk genteng hip ini lebih stabil terhadap cuaca. Yang perlu kamu perhatikan adalah pemasangan genteng atau atap rumah hip yang lebih mahal daripada genteng gable. Struktur yang digunakan juga lebih kuat dan lebih rumit.

 

Genteng Flat

genteng flat

Saat ini genteng flat mulai lumrah untuk digunakan pada berbagai bangunan, dari rumah hingga gedung tinggi. Biasanya, genteng flat digunakan pada desain rumah modern dan kontemporer.

Sayangnya, genteng flat memiliki resiko ada air yang tergenang bila hujan. Genteng flat memiliki kemiringan dengan sudut yang sangat kecil, sehingga air hujan sulit dari genteng flat. Oleh karena itu, pilihlah genteng flat yang anti-air.