03
Sep

Dekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan

Dekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan

Kamar Anak Perempuan – Mendesain kamar tidur anak perempuan bisa jadi kegiatan yang sangat mengasyikkan buat orang tua dan si putri kecil. Terlepas dari cara membesarkan anak, umumnya seorang anak sudah bisa menempati kamar tidur pribadi saat menginjak usia SD atau sekitar usia 7 tahun keatas. Bahkan, di beberapa keluarga ada juga anak yang sudah terbiasa tidur sendirian sejak usia sangat dini. Dengan membiasakan anak tidur sendiri akan membangun sifat mandiri dalam diri anak itu sendiri.

 

8 Tips Mendesain Kamar Anak Perempuan

 

1. Simpel dan Timeless

Yang penting untuk diingat dalam mendesain kamar anak tidur perempuan adalah dekorasi ruangan yang bisa tahan lama dan ikut tumbuh bersama seiring perkembangannya.

Kamar Tidur Anak Perempuan

 

2. Prioritaskan desain yang simpel dengan nuansa yang tidak mudah lekang oleh waktu 

 

misalnya dinding yang dicat dan bukan wallpaper berbentuk karakter tertentu, pemilihan furnitur yang berwarna putih atau terang dan backdrop kamar yang netral.

Dengan menciptakan “kanvas netral”, kamar tidur anak perempuan akan mudah disesuaikan dengan tema-tema sesuai zaman dan seleranya tanpa harus banyak bongkar ulang. Selain itu, kamar yang bernuansa netral juga pasti terlihat lebih lenggang dan sejuk.

 

3. Corak-corak Cantik

Kamar Tidur Anak Perempuan

Walaupun simpel dan netral, bukan berarti orang tua tidak boleh bereksperimen dengan dekorasi yang berwarna- warni atau motif-motif yang cerah ceria. Pada furnitur yang mudah diganti seperti jok sofa yang mudah diganti, headboard tempat tidur yang bisa dilapis ulang hingga bantal- bantal kecil yang juga mudah dibongkar pasang setiap saat.

 

4. Pertimbangkan Selera & Karakter Anak
Orang tua juga harus mempertimbangkan selera dan karakter anak saat mendesain kamar tidur anak perempuan.

Untuk anak perempuan yang memang girly, utamakan tema yang soft dan feminin, sedangkan untuk anak perempuan yang energetik, tidak ada salahnya bermain dengan warna- warna lain yang lebih ekspresif dan dominan.

 

5. Storage Yang Cukup
Kamar tidur anak perempuan yang baik juga harus memiliki ruang penyimpanan atau laci anak yang cukup. Seiring dirinya tumbuh dewasa, anak perempuan akan memiliki banyak sekali benda- benda yang akan disimpan untuk kebutuhannya. Cari ruang penyimpanan yang mudah diraih, tetapi tetap aman dan mencukupi dari segi bentuk dan kapasitas.

Kamar Tidur Anak Perempuan

 

6. Ruang untuk Multifungsi

Kamar tidur anak perempuan juga adalah refleksi dan ruang aman bagi dirinya. Di kamar tidur ini, si anak akan belajar, beraktivitas, dan melakukan eksplorasi kreatif lainnya sepanjang waktu. Oleh karena itu, pastikan kamar tidur anak perempuan didesain dengan nyaman dan mendukung untuk segala kebutuhan dirinya, terutama menyediakan meja belajar ataupun ruang untuk meluangkan waktu bersama teman.

 

7. Ruang Bersama

Untuk kamar tidur anak perempuan yang akan digunakan bersama- sama yaitu kamar tidur anak perempuan adik dan kakak, usahakan untuk memberikan ruang yang sama agar mereka bisa nyaman berbagi ruang bersama.

Orang tua juga lebih dianjurkan untuk meletakkan 2 tempat tidur atau kasur terpisah dengan ukuran dewasa dibandingkan 1 tempat tidur besar supaya baik si kakak maupun adik tetap punya ruang pribadi di satu kamar yang sama.

 

8. Televisi dan Alat Elektronik

Kamar Tidur Anak Perempuan

Tergantung dari cara setiap orang tua membesarkan anak mereka, para ahli menganjurkan agar kamar tidur anak perempuan maupun anak laki- laki agar terbebas dari pemasangan televisi. Para ahli dekor juga menyarankan agar televisi diletakkan di ruang keluarga sebagai ajang hiburan yang bisa mendekatkan keluarga saat berkumpul. Selain itu, televisi juga diyakinkan bisa mengganggu kualitas tidur manusia dan menyebabkan distraksi.