03
Des

Cara Membersihkan Dapur

CARA MEMBERSIHKAN DAPUR

Cara Membersihkan DapurDapur merupakan salah satu ruangan yang cepat kotor. Mengapa cepat kotor? Karena aktivitas dalam ruangan dapur ini tidak jauh dengan benda-benda yang membuat kotor, seperti tepung, minyak, dan lain sebagainya. Nah maka dari itu kita sangat disarankan untuk memperhatikan dapur kita dalam segi perawatannya. Yuk simak cara membersihkan dapur berikut ini.

1. Mulai Dengan Membersihkan Sink

Letakkan semua piring kotor di mesin pencuci piring. Rendam peralatan dapur Anda dengan air panas yang telah diberi sabun kemudian kumpulkan lebih banyak barang yang perlu direndam seperti meja putar microwave, kateleris, atau panci besar dan mangkuk.

2. Kosongkan Isi Kulkas

Buang apa saja makanan yang telah kadaluarsa. Simpan wadah penyimpanan makanan kotor ke bak cuci untuk direndam. Bersihkan kulkas dari atas ke bawah, bersihkan rak pembatas didalam kulkas dengan handuk tipis atau lap yang telah dibasahi dengan pembersih serbaguna yang tidak beracun.

3. Memilah Barang Yang Seharusnya Disimpan Didapur Atau Tidak

Letakkan semua barang yang ada di dapur di tempat yang tepat. Kemudian lanjutkan untuk mengumpulkan semua barang yang TIDAK seharusnya disimpan di dapur. Masukkan semua barang yang tidak terpakai ini ke dalam keranjang untuk disingkirkan nanti (atau jika Anda memiliki pembantu, mintalah bantuan mereka untuk hal ini.) pilihlah barang yang seharusnya Anda simpan didapur atau tidak.

4. Bersihkan Debu di Zona Yang Sulit Dijangkau

Buang kotoran dan debu ke lantai, di mana Anda akan menyapunya nanti. Dengan menggunakan kain lap teleskopik, Anda dapat memulai untuk membersihkan kotoran tepat di atas wastafel dan kerjakan di sekitar ruangan, bersihkan sudut atas, perlengkapan lampu, dan bagian atas lemari. Jangan lupakan bagian atas kulkas. Saat telah selesai membersihkan, Anda dapat bersiap untuk melanjutkan pekerjaan yang lain.

5. Lap Kabinet Atas dan Microwave Sampai Bersih

Masukan spons basah di microwave dan “masak” selama 2 menit. Sementara microwave sedang melakukan pekerjaan itu, celupkan lap ke dalam air hangat yang telah diberi sabun dan gunakan untuk menyeka pintu dan membersihkan lemari bagian atas dan benda lain di dinding saat Anda mengelilingi ruangan. Spons di microwave dapat digunakan untuk menangani bagian di microwave yang sulit dibersihkan.

Gunakan untuk menyeka bagian dalam dan luar microwave. Bersihkan lemari atas dan yang lainnya di dinding, termasuk microwave yang terpasang. Semprotkan interior microwave dengan pembersih bersih dan diamkan selama dua menit. Jika microvawe yang Anda miliki terbuat dari baja tahan karat, gunakan kain yang dibasahi dengan cuka putih encer bukan air sabun, untuk membersihkan bekas sidik jari dan kotoran apapun.

6. Usap Meja Bawah dan Kompor

Setelah Anda selesai membersihkan permukaan yang terlihat, sekarang saatnya Anda membersihkan permukaan bagian dalam yang tidak terlihat. Bersihkan permukaan horisontal. Sekali lagi, biarkan debu, remah-remah, dll. Biarkan kotoran tersebut jatuh ke lantai karena Anda dapat membersihkannya nanti. Tambahkan sedikit baking soda untuk membersihkan noda keras yang membandel. Untuk granit countertops Anda dapat membersihkannya menggunakan menggunakan Homemade Granite Cleaner. Untuk permukaan stainless steel, gunakan Stainless Steel Cleaner.

7. Bersihkan Barang Elektronik Yang Digunakan Untuk Memasak Didapur Anda

Bersihkan mesin pembuat kopi, pemanggang roti, mixer dan peralatan kecil lainnya dari atas ke bawah, dengan menggunakan pembersih kaca atau formula multisurface (semprotkan kain dari pada alat) atau pembersih biasa. Celupkan nampan atau penahan kotoran di wastafel dengan air hangat yang telah diberi sabun cair, lalu bilas dan keringkan.

8. Lap Semua Bagian Yang Terlihat

Bersihkan pintu lemari es, bagian depan mesin pencuci piring, dan oven dengan kain yang dicelupkan ke dalam air bersih dan bersih (atau cuka putih encer jika ada pintu yang terbuat dari stainless steel). Perhatikan pegangan dan ujungnya.

Gunakan sikat gigi yang lembut atau spatula yang dibungkus kain sehingga noda dapat terangkat tanpa merusak permukaannya, seperti lipatan segel kulkas. Selanjutnya, bersihkan sisi pintu pencuci piring dengan formula serbaguna atau kain yang dicelupkan ke dalam larutan air soda dan cuka putih yang panas. (Anda bisa menggunakan campuran ini untuk membersihkan stovetop dan countertops, kecuali marmer, granit, atau beberapa batu berpori lainnya.)

9. Bersihkan Sink dan Kosongkan Tempat Sampah

Tiriskan wastafel dan bilas dengan air panas. Bersihkan baskom dengan abrasif ringan seperti baking soda atau jika masih kotor Anda memerlukan sedikit kekuatan dengan membilas sink dengan air panas lagi. Usap ke bawah kran dan pegangan dengan kain microfiber.

Kosongkan sampah terlebih dahulu, lalu gosok bagian dalam kaleng dan bagian atas dengan lap pembersih sebelum mengganti plastik sampahnya.

10. Sapu dan Pel Lantai

Menggunakan sapu atau kain kering untuk naik ke pinggir dan membersihkan bawah lemari dan sudut ruangan. Tarik keluar semua peralatan jika perlu. Anda dapat melanjutkannya dengan mengepelnya atau dibersihkan menggunakan pembersih uap. Mulai dari sudut terjauh dari pintu masuk ke ruangan dapur. Jika menggunakan pel, pastikan untuk menggunakan ember. Anda tentunya tidak ingin mencemari wastafel bersih Anda. Maka dari itu Anda dapat membuang sisa air kotor bekas pel di luar rumah atau di toilet.

Dengan lap kering elektro-statis seperti Swiffer Sweeper. Anda dapat Langsung membersihkan pinggir dan bawah lemari atau tempat bersembunyinya kotoran yang sulit sekalipun. Tarik keluar peralatan untuk mencapai ruang yang sulit untuk dibersihkan di dekat dinding.

Tips Tambahan Untuk Mempertahankan Kebersihan Pada Dapur Anda

Buatlah aturan untuk membersihkan dapur sebagai urusan keluarga. Bagilah bagian-bagian untuk membersihkan dapur antara anggota keluarga Anda dan Anda benar-benar dapat membuat kebersihan dapur selesai dalam waktu singkat. Latih anggota keluarga Anda untuk membersihkan dan bilas piring mereka sendiri setiap kali selesai makan. Tindakan sederhana ini hanya membutuhkan sedikit waktu untuk dilakukan dan juga menghemat banyak waktu untuk dipakai oleh hidangan berikutnya.

Jalankan wastafel dengan air yang telah diberi sabun sebelum persiapan makanan dimulai. Seperti mencampur mangkuk, talenan, pisau, dll. Jika peralatan telah kotor, segera cuci bersih untuk mencegah sisa makanan mengering dan menempel pada peralatan makan Anda.

Ini akan mengurangi stress Anda sehabis memasak dan Anda tidak akan dibebankan lagi dengan setumpuk piring kotor saat Anda selesai memasak!

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666