28
Nov

Beberapa Fungsi Ventilasi Pada Rumah

Beberapa Fungsi Ventilasi Pada Rumah

Pentungnya Ventilasi Udara – Salah satu ciri rumah yang sehat adalah ketika mempunyai sirkulasi udara yang baik dan lancar. Mempunyai rumah yang sehat salah satunya adalah dengan memberikan ventilasi yang cukup. Ventilasi dapat berupa celah di atap, celah dinding, dinding yang diberi kaca dan kusen bagian atas pintu yang diberi celah.

1. Sebagai tempat keluar masuknya udara

Adanya ventilasi di setiap rumah berfungsi sebagai keluar masuknya udara. Udara akan senantiasa berganti antara udara yang ada di dalam rumah berganti dengan udara yang ada di luar rumah. Terutama untuk kamar tidur, tips mengatasi kamar tidur yang lembab yaitu dengan adanya ventilasi yang tentunya memiliki fungsi yang sangat bagus untuk hawa dan udara dalam ruangan.

2. Membuat udara rumah selalu segar

Pergantian udara di dalam rumah dengan udara yang berada diluar rumah akan membuat udara di rumah senantiasa segar. Ruangan rumah yang memiliki hawa yang segar dan sejuk merupakan Ciri-Ciri Rumah Sehat dan Bersih.

3. Menghilangkan bau pengap pada rumah

Adanya ventilasi di setiap rumah juga akan menghilangkan bau pengap dan Cara Mengatasi Rumah Lembab. Dapat anda bayangan bukan jika suatu ruangan selalu tertutup, tidak ada celah fentilasinya maka udara di ruangan tersebut akan menjadi pengap yang membuat kita tidak nyaman bahkan hanya ketika kita hanya masuk sebentar ke ruangan tersebut.

4. Jalan masuknya cahaya matahari ke suatu ruangan

Adanya ventilasi di setiap rumah juga berfungsi sebagai jalan masuknya cahaya matahari ke suatu ruangan. Cahaya matahari masuk melewati celah lubang fentilasi maupun celah jendela kaca yang difungsikan sebagai ventilasi.

5. Menghangatkan ruangan

Dengan cahaya matahari memasuki ruangan lewat celah ventilasi, ruangan akan menjadi hangat dan lebih nyaman untuk ditempati. Sangat jauh berbeda dengan ruangan tanpa fentilasi yang akan senantiasa dingin hingga terkadang kita merasa merinding saking terasa dinginnya.

Terlebih lagi ruangan yang dingin merupakan salah satu ciri rumah yang ada jinnya. Karena itu sering-seringlah membuka jendela maupun pintu rumah agar ruangan senantiasa terasa hangat.

6. Menjaga kelembapan rumah

Selain membuat ruangan menjadi hangat, cahaya matahari yang masuk lewat ventilasi juga berfungsi sebagai salah satu cara menjaga kelembapan suatu ruangan. Dengan kelembapan yang terjaga, dinding ruangan tersebut juga akan terjaga awetnya, dinding tembok tidak akan lembab dan berjamur.

Apabila dinding rumah anda lembab dan berjamur, ada baiknya anda membaca artikel cara mengatasi dinding lembab dan berjamur.

7. Menjaga keseimbangan kadar O2 dalam udara

Terjadinya pertukaran udara dari dalam rumah dengan udara di luar rumah lewat ventilasi juga akan membuat keseimbangan kadar O2/ oksigen dalam rumah akan senantiasa terjaga pula. Dengan keseimbangan oksigen di dalam rumah, maka bernafas pun menjadi nyaman.

8. Saluran keluarnya polusi dari dalam rumah

Ventilasi juga berfungsi sebagai jalur saluran keluarnya polusi dari dalam rumah. Misalkan asap rokok, asap yang dihasilkan pada proses memasak, asap pembakaran obat nyamuk bakar dapat keluar dari ventilasi.

Jika ruangan yang berpolusi/berasap tersebut tidak terdapat ventilasi, maka asap /polusi yang ada di dalam ruangan akan terperangkap di dalam ruangan tersebut dan ruangan menjadi pengap dan tidak nyaman untuk bernapas.

9. Membuat penghuni rumah menjadi sehat

Adanya pertukaran udara, terjaganya kadar O2 di dalam rumah serta udara rumah yang menjadi segar juga tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan para penghuni yang mendiami rumah tersebut. Para penghuni akan lebih sehat dengan adanya udara yang senantiasa segar.

10. Membuat udara bebas bakteri jahat

Pergantian udara lewat ventilasi juga akan membuat udara terbebas dari bakteri jahat/ bakteri patogen/ bakteri yang tidak baik bagi penghuni yang menghirup udara di dalam rumah tersebut.

JASA ARSITEK DAN KONTRAKTOR  merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di  WA : 0857 4300 6666